HARTABUTA :
Jum'ah, 19-12-2025 M.
Sumber :
Abu Farrel Ikuti
Daftar Kitab Nasab Abad 5 - 10 H Yang Mencatat Dzuriyah Nabi Muhammad SAW :
1. Tahdzibul Ansab wa Nihayatul Alqob. Karya Al - Ubaidili. Tahun 435 H.
3. Muntaqilah Al Thalabiyah. Karya Abu Ismail Ibrahim bin Nashir bin Thabathaba (wafat 479 H).
5. Al Fahri fi Ansabi Tholibin. Karya Azizuddin Abu Thalib Ismail bin Husein Al Marwazi. Tahun 614 H.
6. Al Ashili fi Ansabi Tholibin. Karya Shofiyuddin Muhammad Ibnu At Thoqtoqi Al Hasani. Tahun 709 H.
7. Al Tsabat Al Muson. Karya Ibnu A'roj Al Husaini. Tahun 787 H.
8. Umdatut Tholib fi Ansabi Abi Tholib. Karya Ibnu Ibn Inabah. Tahun 828 H.
9. Tuhfatut Tholib. Karya Zakaria Al Anshori. Tahun 926 H.
Dari urutan daftar kitab nasab per periode dari abad 5 sampai abad 10 H diatas, TIDAK SATUPUN YANG MENCANTUMKAN NAMA UBAIDILLAH SEBAGAI ANAK AHMAD BIN ISA.
Nama Ubaidillah mulai dimasukkan menjadi salah satu putera Ahmad bin Isa oleh seorang dari klan baklawi bernama Ali bin Abi bakar As Sakron yang hidup pada tahun 818 - 895 H dalam kitab karangannya berjudul Al Burkatul Mutsiqoh.
Sedang Ahmad bin Isa sendiri hidup pada tahun 260 - 345 H.
Terdapat selisih 500 tahun lebih jarak waktunya.
Jadi darimana Ali bin Abibakar As Sakron ini mendapatkan sumber referensi nya? Dikatakan dalam kitab Al Burkatul Mutsiqoh karangannya, dia mendapat semacam bisikan nggak jelas (mbrengengeng) mengenai urutan nama - nama nasabnya hingga tersambung kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.
Penting untuk diketahui seluruh muslimin, bahwa seluruh keturunan Nabi Muhammad SAW yang asli, umumnya selalu dicatat / ditulis dengan baik oleh para ulama' sezamannya. Mengingat betapa pentingnya menjaga kemurnian Nasab /Silsilah keturunan, terlebih Nasab Baginda Nabi yang mulia.
Jadi tidak mungkin catatan keturunan Baginda Nabi Muhammad SAW diabaikan dalam kitab - kitab Nasab dari zaman ke zaman secara konsisten.
Komentar :
Jaka Umbaran
Apa
benar tidak ada yang terabaikan.. Maka saya menanyakan kpd anda kenapa
tidak ada dari kitab nasab tsb yang mencatat silsilah walisongo.. Apa
anda juga mengingkari bahwa walisongo juga dzuriah nabi
- Balas
- Bagikan
Abu Farrel
Kontributor all-star
Pembuat
Admin
Kontributor all-starJaka Umbaran Walisongo dan Leluhurnya tercatat mas
tapi dalam Dokumentasi Berbeda 
- Balas
- Bagikan
Jaka Umbaran
Abu Farrel 

imaduddin minta kitab sezamanya mana.. Klo tercatat ubaidillah jelas
tercatat dalam manuskrip nusantara... Kan yg di minta di kitab kitab
tersebut di atas
- Balas
- Bagikan
Abu Farrel
Kontributor all-star
Pembuat
Admin
Kontributor all-starNama Faqih al-Muqaddam Muhammad bin Ali dulu lah dimana dia tercatat di masa Hidupnya abad 6H di naskah Mana ?
nama Ubaidillah kejauhan 
- Balas
- Bagikan
Jaka Umbaran
Abu Farrel 

coba anda cek ke kraton cirebon ..di situ ada manuskrip kuno yg mencatat nama sayid ubaidillah..
- Balas
- Bagikan
Abu Farrel
Kontributor all-star
Pembuat
Admin
Kontributor all-starJaka Umbaran Bukan Manuskrip Mas 
Itu Buku Karya Drs Atja judulnya Tjarita Purkwaka Tjaruban Nagari itu di susun sekitaran tahun 1960 an
manuskrip asli saya belum lihat selain naskah2 Babad Cirebonan ditulis Sekitaran 1800 an akhir semasa Samsu Dzahiroh 
- Balas
- Bagikan
- Balas
- Bagikan
Abu Farrel
Kontributor all-star
Pembuat
Admin
Kontributor all-starlah saya ini peneliti mas 
insyaa
Allah Tahu Sumber2 Sejarah Historis di Sekitaran Cirebon, almarhum Dr
Opan dll dulu banyak memandu Penelitian Nasab Kami terkait keluarga
Kesultanan Cirebon
- Balas
- Bagikan
Jaka Umbaran
Abu Farrel alhamdulillah klo peneliti.. Coba kroscek ke fb Raden Linawati pak.. Beliau punya bnyk info manuskrip.. Yang saya tahu dr beliau memang sayid ubaidillah tercantum dlm manuskrip beliau
- Balas
- Bagikan
Ayah'e Wulan
Jaka Umbaran berarti anda belum tahu kalo Raden Lina Wati sudah pindah haluan....
- Balas
- Bagikan
Ali Yahya
Betul sekali seratus persen betul
- Balas
- Bagikan
Joko Sabrang
Ijin share Bang,, 
- Balas
- Bagikan
Catatan Tahun Hijriyyah & Masehi :
sekitar tahun 1009 Masehi hingga sekitar tahun 1591 Masehi,
dengan perincian: Abad ke-5 H (sekitar 1009 M – 1106 M), Abad ke-6 H
(sekitar 1106 M – 1203 M), ..., hingga Abad ke-10 H (sekitar 1495 M –
1591 M) dalam kalender Masehi.
Berikut adalah konversi detailnya (menggunakan konversi umum, ada sedikit perbedaan tergantung sumber konversi):
- Abad ke-5 H: 1009 M – 1106 M
- Abad ke-6 H: 1106 M – 1203 M
- Abad ke-7 H: 1203 M – 1299 M
- Abad ke-8 H: 1299 M – 1397 M
- Abad ke-9 H: 1397 M – 1495 M
- Abad ke-10 H: 1495 M – 1591 M






0 comments:
Post a Comment